Jumat, 12 Januari 2024

Polda Kalsel Kerahkan 17.800 Personil Gabungan Amankan Haul Guru Sekumpul ke-19



Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto, S.H., M.H., memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Haul KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani, yang dikenal sebagai Guru Sekumpul. Rapat tersebut dilaksanakan di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Banjarmasin, Jumat (12/1/2024) dimulai pukul 08.30 WITA.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat dan unsur terkait, termasuk dari kepolisian, TNI, pemerintah daerah dan tokoh masyarakat. Tujuan dari rapat koordinasi ini adalah untuk memastikan kesiapan dan kelancaran pengamanan Haul Guru Sekumpul ke-19 yang dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 14 Januari 2024 mendatang.

Sebanyak 17.800 personil gabungan dikerahkan untuk mengamankan Haul Guru Sekumpul, meliputi 1.432 personil Polri, 100 personil TNI, 60 personil Satpol PP dan Damkar, 40 personil Dishub, 60 personil BPBD, 20 personil Senkom, 100 personil Banser dan 16.000 Relawan Haul Guru Sekumpul ke-19.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto menyampaikan pentingnya kerjasama lintas sektoral dalam mematangkan rencana pengamanan yang telah disusun dalam bentuk koordinasi dan pengecekan kesiapan seluruh unsur pelaksana pengamanan agar menyatukan tekad, komitmen serta semangat kebersamaan dalam memberikan rasa aman, nyaman masyarakat yang hadir pada pelaksanaan Haul Guru Sekumpul ke-19 tahun 2024.

Selain itu, rapat koordinasi ini dilaksanakan juga untuk menjaga keamanan dan kelancaran acara keagamaan seperti Haul. Ia menekankan perlunya sinergi antara kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah untuk mengantisipasi potensi ancaman dan berbagai bentuk tindakan kriminal yang mungkin terjadi serta menanggulangi potensi gangguan keamanan.

"Kita harus bekerjasama dengan semua pihak terkait untuk memastikan pengamanan Haul ini berjalan dengan baik. Kehadiran semua pihak dalam rapat koordinasi ini sangat penting untuk merancang strategi yang efektif dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama acara," ungkap Kapolda.

Selain itu, Kapolda juga menekankan melalui rapat koordinasi ini, disepakati bahwa peringatan Haul pada hakikatnya menjadi wadah pemersatu umat, masyarakat dari berbagai lapisan bersama-sama mengikuti prosesi peringatan Haul, mendoakan sohibul hajat, mengharap keberkahan dari kegiatan tersebut. Oleh karena itu diharapkan tidak ada kegiatan-kegiatan bernuansa politik, sehingga momen Haul Guru Sekumpul tahun ini dapat berjalan dengan khidmat.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkret dan rencana aksi yang terintegrasi untuk mengamankan Haul KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul). Semua pihak yang hadir diharapkan dapat bersinergi dan bekerjasama dalam semangat gotong royong untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif selama pelaksanaan acara keagamaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar