Selasa, 28 April 2020

Urkes dan Sipropam Polres HST Rutin Periksa Suhu Tubuh Anggota Ditengah Pandemi Covid-19



hulusungaitengah.kalsel.polri.go.id, Polres Hulu Sungai Tengah, Dalam rangka pencegahan dan antisipasi virus Corona (Covid – 19), Urkes dan Si Propam Polres Hulu Sungai Tengah melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap para anggota Polres HST. Selasa (28/4/2020)

Pemeriksaan suhu tubuh anggota dan ASN Polres HST  tubuh tidak hanya dilakukan hari ini saja, tetapi akan dilakukan setiap hari pada saat anggota mau masuk kantor/hari kerja.

Pemeriksaan suhu tubuh oleh Urkes Polres HST ini menggunakan thermal scanner alias alat pemindai suhu jenis thermo gun. Alat tersebut saat ini diandalkan sebagai pendeteksi dini seseorang diduga terjangkit virus corona atau tidak. Thermo gun yang berbentuk seperti pistol. Cara menggunakannya adalah dengan mengarahkannya ke objek untuk mengukur suhu. Sebisa mungkin, pengguna thermo gun berdiri sedekat mungkin dengan objek atau dengan cara ditembakkan ke dahi.

Untuk diketahui, salah satu tanda terjangkit virus corona adalah demam. Manusia bisa dikatakan demam ketika suhu tubuh sudah melewati rata-rata suhu tubuh normal, yakni 37,5 derajat. Nah, alat ini berfungsi untuk langsung mendeteksi gejala dan tanda awal terjangkit virus corona.

Thermo gun pada dasarnya adalah termometer infrared yang mengukur temperatur atau suhu tanpa bersentuhan dengan obyek yang akan diukur suhunya.

Prinsip dasar termometer inframerah sendiri adalah semua obyek memancarkan energi infra merah. Semakin panas suatu benda, maka molekulnya semakin aktif dan semakin banyak energi infra merah yang dipancarkan.

Jadi, pistol ini mengeluarkan sinar infrared yang bisa mengumpulkan energi yang dipancarkan, ditransmisikan dan dipantulkan dari objek. Sensor dalam thermo gun kemudian akan mengubah data-data energi tersebut menjadi ukuran energi panas dari objek. Setelah diarahkan ke objek, pengguna tinggal menarik pelatuk ‘pistol’ untuk melihat keterangan suhu pada layar thermo gun.

Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto, S.I.K., melalui Ps. Paur Subbag Humas Aipda M. Husaini, S.E., M.M. menyampaikan, “Syukur Alhamdulillah suhu tubuh semua anggota Polres HST dalam kondisi normal. Dan paling tidak dengan adanya pengecekan suhu tubuh ini dapat mengetahui kondisi seseorang apakah dalam keaadan sakit atau tidak,” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar